Rabu, 24 Oktober 2012

5 Makanan terpopuler yang berbahaya


Jakarta Ada berbagai macam masakan Indonesia yang lezat-lezat dan menggugah selera. Walaupun enak dilidah namun tidak semuanya baik untuk kesehatan atau malah cenderung membahayakan kesehatan jika sering memakannya. Sebut saja kolesterol, diabetes, darah tingggi disamping masalah kesehatan lainnya.

Berikut ini makanan yang berbahaya yang jika konsumsinya berlebihan itu adalah:
  • Soto Betawi: Makanan yang populer di Jakarta ini rasanya enak tapi menggunakan jerohan sapi yang kadar kolesterolnya terbilang tinggi.
  • Sop Buntut: Memakai buntut sapi yang berselimut lemak sebagai bahan utamanya. Jika dikonsumsi secara berlebih dapat mengganggu saluran pencernaan atas dan bawah.
  • Gulai Kakap: Makanan ini termasuk yang berkolesterol tinggi karena banyak menggunakan bumbu rempah - rempah dan santan.
  • Rendang: Daging rendang yang berlemak jadi berbahaya karena diolah dengan santan yang juga ikut mempengaruhi penimbunan kolesterol yang memicu penyakit jantung dan hipertensi.
  • Sop Konro: Sop yang berasal dari Makassar ini kaya akan daging iga sapi dan jerohannya yang merupakan sumber kolesterol tingggi.
Bila kita simak,kelima makanan khas Indonesia itu lezatnya luar biasa tapi coba diperhatikan, semua tidak bersayur dan kalaupun ada hanya sebagai penghias saja.

Padahal dalam berbagai jurnal kesehatan sudah dibuktikan khasiat sayuran bagi tubuh. Sayur mengandung serat tinggi yang mampu membuang lemak berlebih atau lemak jahat (kolesterol) pemicu berbagai penyakit seperti jantung, darah tinggi, diabetes, dsb. Selain memperlancar pencernaan, sayuran juga mengandung vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh dan sebagai antioksidan yang membuang racun tubuh.

Kini ada pilihan yang praktis dan enak, Tipco; jus sayuran dan buah yang kaya serat dan vitamin. Sekotak Tipco 200ml mengandung 5 gram serat yang setara dengan serat dalam semangkuk buah dan sayuran. Jadi minum sekotak jus yang dipasarkan oleh PT Kalbe Farma, Tbk. ini sama seperti memakan semangkuk sayur dan buah, namun dengan rasa yang lebih enak dan praktis.

Dengan Tipco sebagai penyeimbang nutrisi harian, memakan makanan kesukaan Anda yang lezat dan bisa membahayakan itu bukanlah suatu pantangan lagi. Kita tetap bisa menikmatinya dengan penyeimbang nutrisi jus sayuran dan buah Tipco. (Sumber: detik.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar