Rabu, 24 Oktober 2012

Ingin Awet Muda? Tidur Siang Secukupnya

Berita Kesehatan- London: Tidur siang membawa keajaiban, begitulah menurut para peneliti Yunani. Pasalnya berdasarkan penelitian terbaru mereka, seseorang yang menyempatkan waktu untuk tidur siang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 37 persen. Selain itu bahkan masih ada beberapa manfaat tidur siang lainnya.
Laman Geniusbeauty menjabarkan bahwa proses tersebut berlaku, jika seseorang setidaknya melakukan tidur siang selama setengah jam selama tiga kali sepekan. Manfaat lain dari aktivitas tidur siang adalah dapat mempercepat metabolisme tubuh, meningkatkan memori serta membantu menjaga kewaspadaan mental. Bahkan kabar baiknya bisa mencegah penuaan.
Bukan suatu kebetulan, jika kita merasa mengantuk di sore hari. Hal itu sebenarnya pertanda bahwa tubuh Anda perlu waktu untuk bersantai. Namun aktivitas yang terlalu padat, tak memungkinkan untuk tidur siang sejenak. Sehingga kebanyakan orang menyiasatinya dengan bantuan kopi atau permen. Padahal dengan tidur siang, produktivitas kerja Anda pastinya akan jauh lebih baik ketimbang dengan menahan rasa kantuk menggunakan bantuan makanan atau minuman.
Sejalan dengan para peneliti Yunani, para ahli dari Selandia Baru juga melakukan aktivitas ilmiah serupa kepada pengendali lalu lintas udara malam hari. Hasilnya, para pekerja yang tidur siang singkat sekitar 40 menit justru melakukan tugas mereka lebih baik daripada mereka yang tidak tidur siang.
Bahkan tokoh-tokoh besar seperti Albert Einstein, Leonardo da Vinci, dan Nikola Tesla juga kabarnya menerapkan kebiasaan tersebut dalam kehidupan mereka.
Tidur siang yang baik umumnya dilakukan antara pukul 13.00 hingga 15.00 sore. Namun para dokter menyarankan, tidur siang hanya selama 45 menit. Karena jika terlalu lama tidur siang, maka Anda akan bangun dengan kepala terasa berat. (Vin)
liputan6.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar