Rabu, 26 September 2012

Beberapa Fakta Unik Dari Beberapa Jenis Ikan


1. Stout infantfish  (Ikan Terkecil di Dunia)
ikan terkecil di duniaIkan Stout infantfish adalah hewan bertulang belakang (vertebrata) terkecil di dunia. Sejenis ikan kerdil yang bernama latin Stout infantfish ditetapkan sebagai hewan bertulang belakang paling mungil dan paling ringan sedunia. Ikan yang hidup di sekitar perairan Great Barrier Reef, Australia, ini panjangnya hanya 7 milimeter..
stout infantfishSebenarnya, ikan dari Australia itu memiliki saingan, yaitu sejenis ikan yang memiliki nama latinPaedocypris progenetica yang ditemukan di rawa-rawa gambut di Pulau Sumatera. Hewan tersebut memiliki panjang sekitar 7,9 milimeter.
2. Ikan Paus (Ikan Paling Keras Suaranya)
paus biruMenurut para ilmuwan, hewan yang memiliki suara paling keras adalah ikan paus biru (Balaenoptera musculus), yang juga menyandang gelar sebagai hewan terbesar di bumi. Suara ikan paus biru lebih keras daripada suara motor Harley Davidson. Bahkan lebih keras daripada suara konser rock yang paling keras, dan juga lebih keras dari ledakan bom. Seberapa keraskah suara ikan paus biru tersebut? Suara ikan tersebut adalah 188 desibel..! Angka ini sama dengan 1 juta kali suara mesin jet (yang mencapai tingkat kekerasan suara 120-130 desibel). Perlu diingat bahwa tingkat kekerasan suara bertambah secara logaritmis. Ini berarti setiap kenaikan 10 desibel berarti peningkatan intensitas suara hingga 10 kali. Ini adalah salah satu alasan bagi kita semua untuk bersyukur bahwa ikan paus biru tersebut hanya tinggal di dalam laut.
3. Ikan layar (sailfish)
ikan layarIkan yang menjadi favorit para pemancing profesional ini masih menjadi misteri bagi para ahli bidang biologi kelautan karena pergerakan ikan yang enak dagingnya itu sangat cepat dan tingkat perpindahannya (migrasi) sangat tinggi. Selain itu, ikan yang memiliki nama Latin Istiophorus albicans (untuk yang berada di Samudra Pasifik) danIstiophorus platypterus (untuk yang bermukim di Samudra Atlantik) ini tersebar ratusan mil dari pantai. Sehingga sangat sulit bagi para ahli untuk mencari lokasi pasti mereka, melakukan proses tagging (penomeran),serta pengumpulan data. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa ikan ini memang benar-benar ‘cepat’. Percaya tidak, 36 jam setelah bertelur, telur-telur tersebut langsung menetas! Tidak hanya itu,pertumbuhan tubuh mereka sangat cepat, sekitar 6 kaki per tahun….. ~_~

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar